Profil

Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia

Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (FK UMI) adalah bagian dari Universitas Methodist Indonesia (UMI). UMI berdiri pada tanggal 28 Juli 1987 yang sebelumnya bernama Perguruan Tinggi Methodist Indonesia (PTMI). Seiring dengan perubahan organisasi maka PTMI berubah nama menjadi UMI pada tanggal 4 September 1969. FK UMI sendiri berdiri pada pada tanggal 4 September 1969 saat memperoleh status terdaftar melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan NO.156/ a/ DPT/ I/ 1969. FK UMI juga telah mendapatkan status terakreditasi dengan peringkat : Akreditasi ā€œCā€ oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN ā€“ PT) No: 005/ BAN ā€“ PT/ Ak-V/ S1/ IV/ 2002 tanggal 15 April 2002. Selanjutnya Re-Akreditasi oleh BAN-PT No.032/BAN- PT/AK-XI/S1/XII/2008 tgl 5 Desember 2008 yang berlaku sampai dengan 5 Desember 2012. Kemudian melalui Keputusan BAN-PT No. 486/SK/BAN-PT/ Akred/PD/XII/2014, Program Studi Sarjana Kedokteran FK UMI dinyatakan terakreditasi dengan peringkat Akreditasi C dan Program Studi Profesi Dokter FK UMI, juga dinyatakan terakreditasi dengan peringkat Akreditasi C.

Tata Nilai UMI

Dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, UMI menjunjung tinggi nilai nilai yang telah ditetapkan sebagai berikut:

a) Kasih
b) Pelayanan dengan sepenuh hati
c) Etika, moral, kejujuran dan pengabdian terbaik
d) Keunggulan, kreatifitas, inovasi, dinamika serta efisiensi dan efektifitas
e) Kepeloporan, kemandirian, disiplin dan tanggung jawab
f) Profesionalitas yang berkarakter
g) Wawasan nasional yang global
h) Sabar dan taat akan hukum

PRINSIP dasar UMI

Sebagai institusi perguruan tinggi yang didirikan oleh GMI dan bernaung dibawah badan hukum YP GMI Wil I, UMI dikelola dan dikembangkan dengan prinsip dasar sebagai berikut:

a) Aktualisasi nilai-nilai kasih dan persaudaran, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

b) Mengacu kepada prinsip-prinsip perguruan tinggi yang sehat, eksis, otonom, berkarakter, transparan, akuntabel secara efisien dan efektif