Optimis Raih Akreditasi B, FK UMI Siap Menerima Mahasiswa Baru

Fakultas  Kedokteran (FK) Universitas Methodist Indonesia ( UMI) siap menerima mahasiswa untuk dididik pada program studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter.

Dekan FK UMI dr. Eka Samuel P. Hutasoit, SpOG menyebutkan bahwa FK UMI merupakan salah satu Fakultas Kedokteran Swasta tertua diluar pulau Jawa telah melakukan standarisasi penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi.

Standarisasi itu juga didukung dengan standarisasi kurikulum berbasis KKNI dan peningkatan kwalifikasi dan jumlah SDM pengajar di kampus maupun di RS Pendidikan, peningkatan jumlah dan kwalitas SDM pegawai hingga teknisi dan telah pula dilakukan update pada sarana prasarana  di laboratorium dasar, laboratorium keterampilan , kelas-kelas tutor , kelas skill lab hingga kelas kuliah dan perpustakaan. Dengan harapan pula semua upaya itu akan menghantarkan FK UMI ditahun ajaran baru dengan predikat Akreditasi B.

“Mewujudkan akreditasi B di tahun ajaran baru, FK UMI menjalin kerjasama dengan semua pihak dari luar civitas akademik dan pada internal civitas akademik khususnya pada ikatan Alumni FK UMI. Salah satu kerjasama adalah menyambut dies natalis FK UMI ke 51 tahun dilaksanakan perayaan kegiatan perjalanan Emas FK UMI,” katanya didampingi para Wakil Dekan FK UMI dr. Ester Sitorus, MKed(PA), SpPA, dr. Alexander P. Marpaung, MKT , dr. Harry Butarbutar, SpB.

Untuk mewujudkan kampus yang kompetitif dari FK lainnya di Sumut diperlukan kerjasama dan sinergitas baik antara pihak yayasan, rektorat, dekanat, dan para alumni.

Untuk itu, Eka menyebutkan pihaknya terus ‘berbenah’ untuk melakukan peningkatan akreditasi. Hal ini sangat penting karena bisa mempengaruhi tingkat kepecayaan masyarakat terhadap UMI khususnya Fakultas Kedokteran yang siap menuju akreditasi B.

Dikatakan, Akreditasi “B” akan menjadi pemacu untuk selalu meningkatkan kualitas dari berbagai sektor di lingkungan UMI.

“Kami juga ingin secara bertahap bisa menyesuaikan diri dengan zaman yang ada, kebutuhan yang ada dalam era revolusi industri 4.0 sehingga menjadikan FK UMI tidak tertinggal dari kampus lainnya di Sumut, “pungkasnya.

Sebelumnya,Ketua Umum Alumni FK UMI, dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes dalam sambutannya pada saat puncak Dies Natalis Perjalanan Usia Emas  FK UMI ke-50 yang digelar di Hotel Polonia Medan, Sabtu 22 Juni 2019 malam mengajak seluruh alumni untuk ikut kumpulkan donasi untuk bantuan demi pencapaian FK UMI menuju akreditasi B.

“Untuk menjadikan FK UMI kembali ke masa kejayaannya yang telah melahirkan ribuan dokter unggul, mari kita baik yayasan, rektorat, dekanat maupun para alumnus untuk kerjasama dan bersinergitas menjadikan FK UMI meraih akreditasi B, “katanya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada  semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada para alumni untuk memimpin FK UMI dalam menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi sehingga para mahasiswa menjadi generasi yang mampu bersaing di zaman globalisasi.

Dia juga mengatakan, FK UMI yang saat ini berusia 50 tahun telah menghasilkan 3600-an alumni. Memperingati usia setengah abad itu, telah digelar sejumlah kegiatan, di antaranya bakti sosial pada Jumat (21/6) lalu di Kampus II UMI dalam bentuk sunat massal, pengobatan gratis dan donor darah, pada hari kedua dilaksanakan seminar di Hotel Polonia yang seluruh narasumbernya adalah alumni yang sudah menyandang gelar spesialis, spesialis konsultan, doktor dan profesor.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk pengabdian para alumni kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Rektor UMI Drs Humuntal Rumapea mengucapkan terima kasih kepada para alumni yang terus memberikan perhatian dan bantuan untuk memajukan FK UMI. Dia menjelaskan universitas di luar negeri maju karena para alumninya ikut berperan.

Dia mengatakan dengan sinergitas antara para alumni dan pimpinan kampus, FK UMI akan kembali berjaya. Dia juga meminta kegiatan pengabdian kepada masyarakat terus digalakkan untuk menarik kepercayaan masyarakat.

Pada kesempatan itu diberikan plakat sebagai cinderamata kepada alumni angkatan pertama hingga kesepuluh yakni kepada dr. Agus Djajadi, dr. Saerun Simatupang, dr. Djohan Zen, dr. Steven Yusli Nauli , dr. Johanes Kesuma , dr. Henry Parman Marhuarar Sianipar, dr. Tiolo Sitanggang, Prof. Dr. dr. Thomson Nadapdap, MS. Epid., dr. Alpin Hoza, MM serta dr. Tjendriani Tioranu.

Pihak panitia juga memberikan sumbangan yang dikumpulkan para alumni kepada pihak fakultas yang kemudian dilanjutkan pemotongan kue.

Reuni itu dihadiri Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara,  NG Hikmet,  Rektor UMI dan jajaran, Dekan FK UMI dan jajaran, para alumni dari semua angkatan

Leave a Reply